gambar

gambar
gambar

Kamis, 04 November 2010

sepuluh tiga sepuluh

ini adalah kisah yang sangat nyata yang di alami oleh dua insan manusia yang sedang jatuh cinta..pagi itu tanggal 10 bulan 3 tahun 2010 merupakan tanggal yang di pilih oleh Hajar Dwianadha Octariasari untuk menerimaku sebagai kekasihnya..baginya tanggal itu merupakan tanggal yang memiliki arti tersendiri..aku pun demikian.menganggap tanggal itu bagaikan pusat magnet..yang menyatukan sepasang insan manusia dalam jalinan kasih..haa..betapa indahnya hari itu..

selama menjalani hubungan ini,seperti kawula muda biasanya yang di penuhi bumbu bumbu roman percintaan dewasa,yang masih hangat seperti sinar matahari pagi..tapi itu tak biasa,.hubungan itu kami jalin antara gresik dan solo. bukanlah impian bagi beberapa kawula muda yang menginginkan kekasihnya itu selalu dekat dengannya agar bisa membuat dia tenang,.tapi itulah yang kami jalani..gaya pacaran kami yang di kenal dengan istilah long distance relationship atau hubungan jarak jauh itu berlangsung..sampai sekarang aku masih mempertahankan hubungan yang kami bangun..meski jauh kami mempunyai komitmen..kuliah bareng di UNS dan menikah ,,

pagi itu,saat subuh,,aku terbangun ketika suara nyaring telepon selulerku berdering. bergegas aku mengambilnya lalu ku lihat nama bundaku memanggilku..bundaku adalah panggilan sayangku terhadap tharie..aku pun segera mengangkat telepon itu..

"assalamualaikum ayahku sayang..ayahku sudah bangun kan?sudah shalat subuhkan?"begitulah kata kata yang ,meluncur dari bibirnya yang lembut..suaranya yang menggemaskan seperti anak kecil membuatku makin lengket dengannya.seperti perangko dan amplop.

"waalaikumussalam bundaku sayang..ia.ayah baru bangun sayang.bundaku makasih ya sudah membangunkan ayah pagi pagi..ayah shalat dulu ya sayangku,,"begitulah jawabku sembari ingin mematikan telepon.

"ayah ayah jangan di matikan dulu teleponnya..bunda masih pengen sama ayahku gembulku tersayang."thari pun mulai mengeluarkan jurus mautnya agar aku tidak meninggalkannya.

"bundaku mungilku sayang..ayah shalat dulu ya. nanti habis shalat ayah telepon balik istriku tersayang ini..ok.."aku pun juga tak kalah bersilat lidah dalam mengeluarkan segudang alasan agar tharie bisa mengijinkan untuk mematikan teleponnya.

begitulah rutinitas yang aku jalani setiap pagi.bangun pagi di bangunkan oleh sayangku tecinta lalu menunaikan shalat subuh dan tak lupa memanjatkan doa untuk hubungan kami berdua yang rawan akan resiko.

saat di sekolah,kami juga sering berkomunikasi.kadang saat pelajaran saya sms dia..sembari menanyakan dia sedang apa dan sudah makan atau belum..pertanyaan formal bagi sepasang insan kasmaran.walaupun terkadang aku juga merasa ingin konsen di dalam pelajaran tapi entah mengapa fikiranku seperti terbelah menjadi dua antara dia dan pelajaran. entah mengapa dia bagiku sudah seperti racun cinta yang tidak ada lagi penawar di dunia.

siang itu,sepulang sekolah,sembari menunggu angkutan lewat,aku merogoh ke dalam saku celanaku mengambil beberapa lembar uang ribuan untuk ongkos pulang..tak lupa pula aku mengambil telepon genggamku dan membuka kontak teleponku.ku cari nama bundaku lalu aku sms dia..begitulah sampai di dalam bus pun aku seperti itu..di dalam bus aku memilih tempat duduk di pojokan,agar tidak ada yang menggangguku saat sedang bersamanya..aku tak sadar terlalu menikmati suasana sembari di temani orang terkasih,sampai sang kernet bis berkata padaku

"mas mas ongkose jenengan dereng..panjenengan mudhun pundi?"kernet itu berkata dengan logat jawanya yang kental.

"oh ngapunten pak aku lali dereng menehke ongkos kaliyan panjenengan..niki ongkose pak."sembari memberikan ongkos sebesar Rp. 1000, ongkos para pelajar.

setelah ada keributan sedikit dengan kernet bis itu yang berbadan gemuk,yang tampak terlihat perutnya begitu besar sehingga saat penumpang penuh ia kesusahan berjalan di dalam bis sembari maminta biaya ongkos pada penumpangnya,.

aku kembali ke rumah dengan perasaan kurang enak karena tadi waktu di jalan uangku hilang..aku pun menumpahkan keluhku kepada pujaan hatiku.bundaku tersayang yang selalu setia menemaniku..

sudah hampir 1 tahun aku menjalani hubungan jarak jauh dengannya,,bukan tanpa konflik..pada saat usia hubungan kami 4 bulan,sempat aku terpincut dengan belaian iblis wanita yang memikat hati di sekolahku..aku pun berusaha mendekatinya dengan cara berusaha menyakiti perasaan bundaku yang setia..aku berusaha mendapatkannya.aku tak tahu iblis apa yang sudah menutupi mata hatiku yang membuatku lupa bahwa aku sudah memiliki seorang bidadari..tapi akhirnya aku tinggalkan bundaku dengan perasaannya yang terluka karena aku berpaling..tapi Tuhan memang Maha Pemberi,,aku di tunjukkan mana yang harus aku pilih..

selang beberapa minggu,aku berusaha untuk kembali membangun angka 10 yang sempat runtuh karena penghianatan yang aku lakukan,sungguh tindakan hina dan rendah,,di saat aku sms thari aku berkata sambil merayu.

"tharie..aku mau menjelaskan semua yang terjadi..aku memang salah tharie sudah menghianati cintamu yang tulus kamu berikan untukku..aku memang lelaki yang tak bisa di andalkan kata katanya dan tingkahnya,,aku lelaki yang tidak mempunyai pendirian terhadap kata kataku..dan hanya lewat sms ini aku ingin mengatakan,maukah kamu kembali bersamaku membangun kembali semuanya yang sudah runtuh?"

"dimar..aku merasa seperti samapah..di buang lalu aku di ambil lagi..kamu tahu apa tidak aku menangisimu di malam hari,,menangisi betapa bodohnya dirimu bisa bisanya kamu terjebak oleh cinta iblis dari wanita ain,sedangkan aku selalu ada buat kamu..dan aku ingin bertanya padamu kenapa kamu memintaku untuk kembali kepelukanmu?"

"ia tharie aku tahu..aku minta maaf karena sudah membuatmu seperti sampah..aku memang salah tharie..aku juga tidak tahu kenapa aku bisa melakukan hal sebodoh dan sehina itu tharie..dan kenapa aku memintamu untuk kembali ke pelukanku?karena kamu yang terakhir yang aku pilih tharie,,aku tidak tahu kenapa.Allah yang memberikan petunjuk ini padaku lewat mimpiku sehabis shalat malam.."

"aku mau kembali kepelukanmu dim..tapi aku pengen janjimu janji tak akan mengulangi lagi perbuatan ini lagi..aku tulus sayang padamu dimar,meskipun kamu jauh,aku merasa bahagia,karena di dalam dirimulah sosok lelaki yang aku inginkan.aku sayang kamu ayahku sayang..aku ingin kamu seperti ayah yang dulu..ayah yang selalu romantis kepada bundanya dan selalu mebuat semangat hidupku lagi."

"ia sayang..aku janji padamu aku tak akan mengulangi perbuatan itu lagi..aku ingin kamu yang terakhir di hidupku sayang..aku pun begitu sayang..aku ingin memiliki seorang yang sepertimu yang sholehah,dan pintar..aku sayang kamu bundaku.."

setelah kejadian itu,aku dan tharie kembali membangun hubungan kami yang sempat hancur..kami berusaha tidak menatap masa lalu tetapi menatap masa depan yang lebih cerah..selesai semua ini,hubungan kami berdua mulai mendapat restu dari kedua orang tua kami..ibundanya tharie berkata padaku saat di telepon

"nak dimar,tante ijinin adek pacaran sama tharie..tolong ya dek dimar jaga tharie karena tharie itu masih seperti anak kecil dan perlu di didik lagi agar lebih dewasa.tante percaya kalau dek dimar itu bisa buat dek tharie jadi lebih dewasa lagi dari sekarang."

"ia tante..makasih tante sudah ijinin dek dimar pacaran sama dek tharie..ia tante..dek dimar enggak bakalan mengecewakan tante yang sudah memberi kepercayaan dek dimar untuk memdidik dan menjaga dek tharie supaya lebih dewasa lagi.."

aku merasa mendapat angin segar saat kedua orang tua kami mengijinkan kami dalam hal ini..kami berdua tambah harmonis..tapi tidak setelah masa laluku kembali terulang.persis seperti masa laluku yang terjerat oleh cinta iblis wanita yang memikat,,dan perbuatan itu aku ulangi lagi..untuk kedua kalinya aku menghianati cinta bundaku..bundaku sayang..tapi sama seperti yang dulu,aku kembali di tunjukkan oleh Allah mana yang harus aku pilih dan dengan sekuat batin aku berusaha mendapatkan tharie.,tapi tidak mudah..sampai ibunya tharie turun tangan dan sempat sms aku,,

"assalamualaikum dek dimar..dek dimar kenapa putus sama dek tharie?itu dek tharienya nangis terus terusan mikirin adek..apa masalahnya dek dimar sampe adek tharie kamu putusin?jelaskan sama tante."

"waalaikumussalam tante,,emm begini tante..adek dimar mau jujur kalo adek dimar itu gag tahan sama dek tharie yang sifatnya itu masih kaya anak kecil tante,,masa ya tante waktu adek dimar tinggal tidur istirahat karena adek waktu itu kecapekan,dek tharie sampe marah sama dek dimar..adek juga marah sama adek tharie karena dia engga bisa ngertiin adek dimar yang lagi capek..terus adek dimar bilang begini sama adek tharie..tharie kita off dulu aja ya..kamu sepertinya belum dewasa..aku pengen kamu itu dewasa..baru kita balikan lagi..apa adek dimar salah dalam mengambil keputusan tante?

"dek dimar..maka dari itu tante mengijinkan adek dimar pacaran sama asek tharie biar adek tharie itu bisa jadi dewasa..coba adek omongin baik baik ya sama adek tharie..tante pengen yang terbaik buat kalian berdua."

nasihat dari ibundanya tharie membuatku menyesal untuk kedua kalinya..tapi aku berusaha untuk berbicara lagi dengan tharie dan mengungkapkan yang sebenarnya..akhirnya untuk kedua kalinya aku bisa mendapatkan tharie lagi meskipun dia marah padaku..

semua itu menjadi pelajaran buatku..sudah 8 bulan kami berpacaran..yang di penuhi oleh tangis,canda,tawa,suka,dukanya orang kasmaran..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar